Makan ketan dibelikan Mbak Intan,
Perut kenyang langsung bersendawa.
Jalan-jalan ke bazar grebeg lebaran,
Borong produknya dapatkan hadiahnya.

Ulalaaaaa.. senang nggak sih kalau belanja mendapatkan harga miring, masih ditambah lagi bonus hadiah? pasti senang dong yaa. Apalagi kalau THR udah cair, duh.. bahagia tiada tara. Inginnya belanja ini dan itu, mulai dari baju, kue kering, mukena, oleh-oleh untuk keluarga atau saudara, hingga kebutuhan makanan pokok. Sssstt, tapi jangan lupa bayar zakat dulu ya gaes supaya rezekinya barokah. Aamiin. Nah, membahas tentang belanja kebutuhan lebaran, kali ini saya ingin merekomendasikan sebuah acara yang bisa kamu kunjungi untuk memenuhi kebutuhan lebaranmu. Mau tau banget? sini saya bisikin!

Yup, namanya “Grebeg Lebaran”. Seperti judul acaranya, di bazar ini ada banyak stan yang menjual berbagai macam kebutuhan lebaran seperti aneka pakaian anak hingga dewasa, mukena, kain batik, kue kering, jajanan lebaran, beras, buah, aneka kerajinan tangan, tanaman hias, dan sebagainya. Bazar yang diadakan oleh DinasKoperasi UKM D.I.Yogyakarta dan PLUT-KUKM D.I.Yogyakarta ini digelar selama tiga hari yaitu 24-26 Mei 2019. Bagi kamu yang berada atau tinggal di pinggiran kota, tenang saja karena lokasi acara ini berada di tengah kota Yogyakarta kok, tepatnya di alun-alun Sewandana Pakualaman Kota Yogyakarta. Lumayan terjangkau lah yaa.
Seperti hari pertama bazar kemarin, saya berangkat dari Piyungan Bantul menuju lokasi bazar “Grebeg Lebaran” menggunakan sepeda motor memakan waktu sekitar 45 menit, itu pun karena jalanan cukup padat dan ramai sehingga agak lama. Setelah berjuang melewati ramainya jejalanan, akhirnya saya tiba di lokasi bazar. Tak seperti bazar-bazar sebelumnya, kali ini produk yang dipamerkan jauh lebih beragam. Iya dong, namanya “Grebeg Lebaran” pasti yang dijual adalah produk-produk kebutuhan lebaran.hihi.
Seteleh berkeliling menyusuri semua stan baik kerajinan maupun kuliner, saya menemukan tiga produk yang menurut saya unik dan menarik minat saya untuk membeli. Apa saja yaa?

Pertama adalah aksesoris gelang, kalung, dan bros dari @rizqieaksesories. Aksesoris yang dijual di stan ini terbuat dari mutiara air tawar, batu alam, akrilik, dan mutiara sintetis. Selain bahannya memanfaatkan pesona kecantikan batu alam, desain yang digunakan juga tidak pasaran karena desain dibuat sendiri oleh pemilik usahanya. Setelah berbincang cukup lama dengan Mbak Wahyu selaku pemilik usaha @rizqieasesories, ternyata desain-desain yang dibuat banyak terinspiras drasi dari pinterest.com khususnya negara Brazil. Selain itu, tali yang digunakan untuk meronce gelang atau kalung dibuat lebih tebal (tiga helai tali) sehingga cukup kuat dan nggak mudah putus.


Produk unik yang kedua adalah tanaman bunga anggrek dari @widarakandang. Anggrek yang dijual di sini ada dua macam yaitu anggrek dendobrium dan anggrek phaleonopsis atau yang kita sering sebut sebagai anggrek bulan. Untuk mendapatkan bibit anggrek bulan kamu cukup mengeluarkan uang sebesar 20.000, sedangkan anggrek dendrodium sebesar 15.000. Selain dijual, tanaman anggrek di @widarakandang juga disewakan lho. Bagi kamu yang suka bunga anggrek tapi nggak telaten merawatnya, menyewa bisa menjadi pilihan saat kamu butuh tanaman anggrek untuk menghias acara ulang tahun, pernikahan, maupun menghias ruang kantormu.




Produk yang ketiga adalah kopi biji kurma dari @mute. Keistimewaan dari kopi biji kurma ini adalah tidak mengandung kafein. Buat kamu yang memiliki sakit lambung atau magh, kopi biji kurma ini sangat cocok untuk kamu konsumsi karena lebih aman untuk kesehatanmu. Keistimewaan lainnya, untuk menyeduh kopi biji kurma ini kamu nggak akan menghabiskan banyak gula karena kopi ini sudah terasa manis meskipun tidak memakai gula. Yang pasti, minum kopi biji kurma membuat kamu hemat gula.

Selain tiga produk unik di atas, masih banyak produk unik lainnya yang bisa kamu temukan di bazar “Grebeg Lebaran” lho. Semakin banyak belanja di bazar ini, semakin banyak pula kesempatanmu untuk mendapatkan hadiah. Kok bisa sih? bisa dong. Sebab, dengan belanja minimal 100.000 kamu akan mendapatkan kupon yang akan diundi untuk mendapatkan hadiah menarik. Hal yang lebih menarik lagi, di acara bazar ini ada panggung hiburan yang menyajikan beberapa pertunjukan seni dari Pura Pakualaman. Jadi, meskipun kamu datang dalam kondisi galau, dijamin deh kamu bisa pulang dengan kondisi lebih plong.hihi.

(photo by: @lsnhaeni_12)
Duh.. ingin belanja sih, tapi THR belum cair atau jangan-jangan malah terancam nggak mendapatkan THR? hiks. Tenang gaes, semua solusi ada di bazar ini. Seperti acara bazar gelaran Dinas Koperasi dan UKM D.I.Yogyakarta dan PLUT KUKM D.I.Yogyakarta sebelumnya, kali ini juga mengadakan lomba blog dan lomba foto yang bisa kamu ikuti. Hanya dengan belanja produk stan apa saja minimal 20.000, kamu sudah bisa mengikuti lombanya. Selain dapat menambah relasi atau saudara, lomba tersebut juga memberikan hadiah yang dapat menjadi tambahan THR buat kamu. Lumayan lah yaa, ramadhan penuh berkah. Jadi, yakin nggak mau datang ke acara “Grebeg Lebaran”? atau kamu mau datang ke acara-acara menarik gelaran Dinas Koperasi dan UKM D.I.Yogyakarta dan PLUT KUKM D.I.Yogyakarta selanjutnya? mudah kok, cukup follow instagram @plutjogja dan semua info terbaru ada di sana.


Yogyakarta,
Dwi Ajeng Vye



**Note:
Artikel ini dibuat untuk lomba blog "Grebeg Lebaran" yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM D.I.Yogyakarta & PLUT-KUKM D.I.Yogyakarta di Alun-alun Sewandanan Pakualaman, Yogyakarta tanggal 24-26 Mei 2019.

0 Komentar