-Draft tulisan blog tahun 2015-


Flashback. Tahun lalu yang memposting tulisan di blog ini berjudul "Bereksperimen Bersama Totebag" yang isinya tentang pengalaman pertama saya dalam membuat totebag. Beberapa bulan setelah postingan itu saya publish, ternyata mendapat respon baik bagi netter. Tampak pada statistik pencarian pengunjung blog saya yang tertinggi adalah mencari tutorial membuat totebag dan hal-hal lain yang berhubungan dengan totebag. Sempat merasa sayang karena menurut saya postingan itu berisi sedikit tutorial yang sangat belum lengkap, bahkan lompat-lompat, to the poin, dan singkat. Oleh karena itu lah kali ini saya coba membuat tutorial membuat totebag, yang semoga bisa menjadi salah satu sumber belajar bagi teman-teman yang ingin dan tertarik belajar membuat totebag. Tutorial ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi selama belajar otodidak dan bereksperimen membuat totebag. Semoga bisa dipahami. Selamat membaca!

Eh tapi sebelum masuk ke bagian tutorial, ada beberapa alat dan bahan yang perlu kamu persiapkan untuk membuat totebag. Apa saja?
1. KAIN
Mengapa kain? Karena menurut saya ini bahan yang mudah untuk dijahit, apalagi bagi kamu yang masih pemula. Kain di sini ada bermacam-macam jenisnya dan kamu bebas memilih. Kalau saya dulu menggunakan kain kanvas fan furing. Akan tetapi, untuk memperkaya pengetahuanmu tentang jenis kain, saya sarankan kamu main ke toko kain. Di sana ada banyak jenis kain, bahkan kamu bisa bertanya ke penjaga toko misal ada kain yang belum kamu ketahui namanya. *dulu saya juga begitu, meski belum tentu mau beli kainnya.hihi*
Oh ya, untuk kain di sini kamu bisa pakai satu macam saja atau dua macam. Kalau dua macam (satu untuk bagian luar dan satu lagi untuk bagian dalam). Ini agar totebag lebih rapih. Kalau saya biasanya pakai : kanvas (untuk bagian luar) dan furing (untuk bagian dalam).

2. MESIN JAHIT
Sebenarnya ini bukan alat yang mutlak harus kamu miliki apabila kamu memang belum mampu memilikinya karna harganya juga lumayan. Alternatif pertama, kamu bisa meminjam mesin jahit ke temanmu/ tetangga/ siapa saja yang mau dan berkenan meminjamimu. Alternatif kedua, kamu bisa mencoba menggunakan teknik jahit menggunakan tangan atau handmade. Untuk alternatif yang kedua ini menurut saya juga recommended saat kamu belum punya mesin jahit sendiri. Pasalnya, saat kamu mencoba menjahit menggunakan tangan, akan ada banyak pelajaran yang bisa kamu temukan, salah satunya pelajaran mental. Iya, karena menjahit dengan tangan menghabiskan waktu yang cukup lama bagi seorang pemula, juga lumayan butuh tenaga ekstra, dan kamu musti workhard. So, berlatihlah untuk memulai dari yang kecil dan sederhana. *saya dulu juga pakai teknik ini*  :)

3. JARUM
Entah pakai mesin jahit atau manual dengan tangan, jarum tetap dibutuhkan dan selalu berguna.

4. BENANG
Benang yang digunakan untuk membuat totebag bisa bebas. Kalau saya memakai benang jahit biasa dengan merk "extra" (hihi, promo :p) karena menurut saya lebih kuat dan rapi.

5. GUNTING
Ini dipakai untuk memotong-potong kain dan benang.

6. ALAT MENGGAMBAR
Contohnya: kpensil, penghapus, kertas dan penggaris. Alat menggambar ini dipakai untuk membuat pola desain totebag.

7. ANEKA PERNAK-PERNIK
Ini tidak wajib :D

Kalau udah kamu siapkan alat dan bahan di atas, mari kita mulai membuat totebag! Dan berikut ini langkah-langkahnya:
1. Buatlah pola desain totebag sesuai yang kamu inginkan. Untuk permulaan belajar, kamu bisa menggunakan pola desain sederhana dulu, misalnya: bentuk persegi panjang ukuran 25 x 35 cm, 30 x 40 cm, dan sebagainya. Pola desain ini bisa kamu gambar di kertas dulu atau juga bisa langsung digambar di kainnya.
2. Potong kain sesuai pola desain yang kamu buat. Lebihkan ukuran batas potongnya agar jahitan tidak terlalu mepet, misal: dilebihkan 1 atau 1,5 cm.
3. Jahitlah kain sesuai dengan pola desain yang kamu buat. Lalu agar tepi jahitan lebih rapih, maka kamu bisa melipat sisa tepian kain dan menjahitnya (lihat contoh gambar di bawah.
4. Kalau udah dijahit semua, jahitlah lengan totebagnya. Batas tepi dengan posisi lengannya bisa 2-3cm atau sesuai selera kamu.
5. Horree, totebag siap dipakai!
6. Selamat mencoba ya! Don't ever give up to try and try make it happen. Goodluck.
Nah, seperti itu lah tutorial membuat totebag yang saya bagi di sini. Selebihnya kamu bisa mencoba berkreasi sesukamu. Sekali lagi, ini bukan tutorial yang mutlak yaa karena ini hanyalah tutorial hasil eksperimen otodidak saya. Semoga bermanfaat yaa.

Best regards from Yogyakarta,
Dwi Ajeng Vye

0 Komentar