Kata orang ambisi itu perlu, tetapi juga kata orang ambisi itu tidak baik kalau berlebihan, dan kata orang lagi ambisi itu imagenya negatif. Yaa.. memang sih, tanpa ambisi sebuah perjuangan dan usaha rasanya kurang greget. Tapi kenapa ya bisa-bisanya ambisi menjadi negatif imagenya?
Bersyukur saja sih saya sebagai manusia telah diberi anugerah rasa ambisi yang tinggi, yang selalu berkobar saat memiliki mimpi dan ingin mewujudkannya. Bagi saya, tidak selamanya rasa ambisi itu negatif. Dalam hal tertentu menurut saya itu diperlukan. Itu semacam energi hebat yang mampu mendongkrak rasa juang kita. Ah, tapi ini subjektif saya sih. Terkadang rasa ambisi yang memang tidak terkontrol membuat segalanya jadi bad situation. Coba bayangkan kalau rasa ambisi digunakan pada saat yang tidak tau kurang tepat. Aww, segalanya akan bubrah, dan saya sudah sering mengalaminya.
Pada akhirnya kita tak perlu terlalu mengkhawatirkan saat kita telah diselimuti rasa ambisi. Ambil dan pergunakan dengan maksimal dan hati-hati. Tanpa hati-hati kita bisa kekurangan hati makanya susah move on (*halah).
Begitu aja sih, semoga rasa ambisimu, ambisi saya, dan ambisi kita semua selalu bermanfaat positif untuk ke-menjadilebihbaik-an kita semua. Amin.

Yogyakarta,
Dwi Ajeng Vye

0 Komentar