Panggung atau yang dalam bahasa Inggris “stage” (menurut saya) adalah tempat atau ruang yang digunakan untuk mempertunjukkan pertunjukan seni suara, seni gerak, ataupun seni rupa. Sebagai tempat atau ruang, panggung menjadi salah satu kebutuhan yang penting dalam pertunjukan. Menurut saya, wujud panggung tidak selalu berwujud panggung yang biasa saya atau kamu juga lihat di gedung-gedung pertunjukan seperti itu. Di sini saya memaknai panggung secara luas, sehingga apapun bisa menjadi panggung. Bagi saya, panggung bisa berwujud dinding, yang mana dinding bisa menjadi tempat atau ruang untuk menunjukkan atau mempresentasikan sebuah karya, misal: lukisan, hiasan dinding, foto, frame, dan lain-lain. Ada contoh lagi yaitu handphone. Meski selama ini handphone umumnya adalah alat komunikasi, tetapi ia juga bisa menjadi panggung. Yaitu panggungnya karya suara: musik atau lagu. Masih banyak lagi benda-benda lainnya yang bisa disebut sebagai panggung: tempat atau ruang. Jadi betapa panggung menurut saya artinya cukup luas. Hmm..sepertinya karena memang sebuah nama atau sebutan adalah bersifat arbitrer, sehingga termasuk makna panggung itu bisa saya artikan secara bebas, menjadi luas. Demikianlah.



Yogyakarta,
-Dwi Ajeng Vye-

0 Komentar