Majunya dunia keolahragaan di tanah air menarik minat mahasiswa untuk terjun dan mengembangkan bakat olahraganya. Selain sekedar menyalurkan hobi dan memperbanyak teman dan relasi, ada juga  yang beranggapan “siapa tahu hokinya ada di bidang olahraga”. Biasanya mahasiswa mengembangkan minat dan bakatnya melalui organisasi olahraga yang ada di kampus.
Banyaknya keberhasilan atas prestasi mahasiswa di bidang olahraga menggerakkan pihak kampus untuk memberikan tawaran beasiswa kepada mahasiswa berprestasi di bidang olahraga. Tawaran beasiswa tersebut menjadi sebuah bentuk kebanggan dan apresiasi dari pihak kampus kepada mahasiswa atas prestasi yang sudah diraihnya.
Tawaran beasiswa tersebut mampu menarik mahasiswa untuk serius menekuni bidang olahraganya, karena dengan adanya beasiswa tersebut, mahasiswa akan merasa dihargai atas prestasi yang sudah diraihnya. Selain itu, beasiswa tersebut juga bisa digunakan untuk mendukung kelangsungan studi mahasiswa di bidang akademik. Mahasiswa yang notabene adalah makhluk idealis tinggi, sangat terdukung dengan adanya tawaran beasiswa tersebut dengan harapan keseimbangan prestasi antara bidang akademik dan non-akademik (olahraga) bisa diraih dengan baik dan maksimal.  Dengan kata lain, prestasi mahasiswa di bidang olahraga tersebut menjadi pendukung atas kelangsungan studi dan prestasi akademik mahasiwa. Jadi, tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya tawaran beasiswa, mahasiswa akan terus bersemangat dan menekuni olahraga untuk meningkatkan prestasinya, baik non-akademik maupun akademik.



Yogyakarta, 15 Desember 2012



*Tulisan ini pernah dimuat di Kompas Kampus Harian Kompas kolom “Argumentasi” Edisi Terbitan tanggal 18 Desember 2012*

0 Komentar