(Foto: Rotary BC, 2011)


Meningkatnya jumlah kendaraan di Indonesia mengakibatkan meningkatnya pemanasan global dan polusi. Bagi orang yang tidak tahan dengan polusi, bersepeda menjadi langkah terbaik untuk mengurangi polusi. Selain untuk olahraga, bersepeda juga menjadi aktivitas yang menyenangkan. Namun, kebanyakan orang yang bersepeda kurang memerhatikan kualitas sepeda maupun aktivitas bersepeda itu sendiri.
Bersepeda itu harus aman dan nyaman. Aman dan nyaman yang dimaksud adalah bersepeda yang tidak menimbulkan masalah selama bersepeda, khususnya sparepart sepeda. Selain lebih efektif dan efisien, bersepeda yang aman dan nyaman juga menjadikan perjalanan dan aktivitas kita menjadi lancar. Waktu yang kita milliki juga bisa kita gunakan secara maksimal, karena sepeda sudah tidak bermasalah.
Untuk menciptakan rasa aman dan nyaman dalam bersepada, mempersiapkan sepeda sebelum melakukan perjalanan pun sangat penting. Pastikan sepeda kita benar-benar baik dan tidak bermasalah ketika dikendarai. Sedikit masalah saja, sepeda harus segera diservis. Tempat menyervis pun tidak harus di bengkel. Lebih baik lagi jika kita bisa memperbaiki sepeda kita sendiri, jadi tidak perlu menguras kantong untuk biaya servis sepeda di bengkel. Alih-alih, kita juga sambil belajar menjadi montir pribadi.
Namun, jika sepeda kita terpaksa harus dibawa ke bengkel, jangan jadikan itu sebagai masalah. Mahal pun sebaiknya tidak menjadikan diri kita keberatan membayar uang servis, toh pengeluaran tersebut tidak setiap hari kita keluarkan. Bagi orang yang memerhatikan keamanan dan kenyamanan, semahal apapun biaya yang harus dikeluarkan, tidak akan menjadi masalah. Hal itu karena bagi mereka, keamanan dan kenyamanan adalah segalanya. Bayangkan jika ketidakamanan dan ketidaknyamanan itu mengancam nyawa kita. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita menganggarkan sedikit uang untuk perawatan sepeda.
Bagiamana dengan kamu, masih ragu untuk bersepeda yang aman dan nyaman? :)


Yogyakarta,
-dwiajengvye-

0 Komentar